-->

Sabtu, 25 Februari 2012

Cuaca Membaik, Stok LPG Aman


Makassar, 1titik.com (25/02/2012) Kelangkaan LPG di wilayah Sulawesi Selatan cukup meresahkan masyarakat. Terbatasnya persediaan dengan banyaknya permintaan menyebabkan harga melonjak tinggi. Keadaan tersebut disebabkan terlambatnya distribusi LPG ke Makassar yang diangkut menggunakan kapal, akibat cuaca buruk. “Biasanya untuk pemuatan gas LPG yang akan diangkut ke wilayah Indonesia Timur dilakukan di Kalimantan dan Situbondo. Namun, dikarenakan kondisi cuaca, maka pemuatan dilakukan di Teluk Semangka, Lampung, yang memiliki kondisi cuaca yang lebih baik tetapi dengan jarak tempuh yang lebih jauh”, terang General Manager Fuel Retail Marketing Region VII Pertamina, Adi Nugroho kepada wartawan dalam sebuah Jumpa Pers (24/2).

Ditambahkannya juga, bahwa untuk saat ini kapal pengangkut LPG telah tiba di Makassar, sehingga Pertamina telah memiliki stok LPG 1.700 metric ton yang bekelanjutan tiap 2-3 hari, untuk mengimbangi rata-rata penyaluran normal LPG di wilayah Sulawesi Selatan, sejumlah 650 metric ton per hari.

Dalam pernyataannya juga, ditegaskan juga bahwa harga yang belaku untuk gas LPG 3 kg adalah Rp 13.000,-. Adanya harga yang melonjak tinggi hingga hingga dua kali lipat tersebut disebabkan karena hukum pasar, Pertamina mengegaskan bahwa harga tersebut bukan ditetapkan oleh pihak Pertamina. Pihak Pertamina menduga kenaikan harga LPG disebabkan spekulasi harga di tingkat pengecer. Tidak adanya patokan harga yang ditetapkan secara resmi, menyebabkan pengecer menjual dengan harga tinggi pada kondisi terbatasnya persediaan. Dalam mengatasi hal tesebut, perlu dibuat peraturan oleh pemerintah, sebagaimana Surat Keputusan (SK) Harga Eceran Tertinggi (HET) yang menetapkan harga Rp 13.000,- untuk tingkat agen, jelasnya. (ptw/adr)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons