-->

Senin, 27 Februari 2012

Ribuan Ha Terancam Gagal Tanam

Banjarmasin, 1titik.com (27/02/2012) setidaknya 2.000 hektar lahan pertanian di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalsel, terancam gagal tanam. pasalnya para petani tidak bisa menggunakan hand-tractor untuk mengolah sawah karena terkendala sulitnya mendapatkan Bahan Bakar MInyak (BBM) jenis solar.

Hal tersebut membuat petani resah "Bukan berarti BBM langka, tetapi untuk mendapatkan bahan bakar tersebut sulit. Pihak SPBU lebih mengutamakan pelangsir daripada petani yang sudah jelas memegang surat resmi yang telah disepakati bersama."Kata Muni'in, salah seorang petani.

Ia menambahkan, surat yang telah disepakati itu berisi rekomendasi kepada pemilik hand-tractor untuk mendapatkan solar di SPBU dengan batas waktu tiga bulan atau selama masa tanam.

Pihak SPBU saat dikonfirmasi mengaku hanya melayani 25 hari saja kepada setiap pemilik hand-tractor yang jumlahnya ratusan. masih-masing pemilik hand-tractor berhak mendapat solar sebanyak 125 liter.
pemberian batas tersebut, menurutnya, jatah tersebut sudah cukup untuk menggarap lahan pertanian yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

"selain itu pembatasan tersebut dilakukan untuk menghindari penyelewengan karena banyak yang mengaku petani, setelah mendapatkan solar mereka jual dengan harga tinggi," katanya.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons