-->

Rabu, 15 Februari 2012

Upah Buruh Termahal se Indonesia Ada di Ternate

Pelabuhan Ahmad Yani Ternate

TERNATE-1titik.com Jika buruh di Indonesia selalu mengeluh dan ribut masalah gaji ataupun kesejahteraan dan pekerjaan mereka di sini. Sangat berbeda sekali bahkan berbanding terbalik dengan keadaan buruh di Ternate khususnya buruh di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate. Buruh yang ada di pelabuhan Ahmad Yani bisa mendapatkan penghasilan minimal Rp. 4 juta perbulannya. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Kamil, di depan wartawan pada 13 Februari 2012. Buruh yang juga anggota dari Ekspedisi Muatan Kapal laut (EMKL) mengatakan bahwa kesejahteraan dan kesehatan buruh sudah diatur secara rapi oleh organisasi buruh yaitu Koperasi TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat).
Hal ini dibenarkan oleh Ketua EMKL Iqbal Barkam bahwa rata-rata buruh yang bekerja di Pelabuhan Ahmad Yani Kota Ternate mengatakan bahwa upah yang didapatkan oleh buruh sudah lebih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dari setiap kapal yang berlabuh yang melakukan bongkar muat setiap buruh rata-rata mendapatkan Rp. 2 Juta yang dikerjakan dalam waktu satu minggu. Rata-rata setiap satu bulan ada dua kapal yang melakukan bongkar muat di Pelabuhan Ternate. Jika sedang ramai, kapal yang berlabuh bisa mencapai dua atau tiga kapal yang menghasilkan paling tidak Rp. 6 juta untuk buruh tiap bulannya. Meskipun cuaca buruk kini melanda perairan Maluku Utara namun upah yang diterima masih lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
Koperasi TKBM Ternate yang merupakan perwakilan dari SBSI sudah cukup mapan dalam mengatur kesehatan dan kesejahteraan buruh. Sedangkan EMKL mengatur pekerjaan yang dilakukan oleh buruh sesuai dengan kesepakatan antara buruh dan pengusaha sehingga tidak ada paksaan kepada buruh untuk bekerja.  
Dengan kesejahteraan yang sudah didapat oleh buruh pelabuhan ini, maka tidak ada niat dari organisasi ataupun buruh itu sendiri untuk melakukan aksi-aksi seperti demonstrasi dan mogok kerja. Tanggapan dari buruh yang diwawancarai pada saat wartawan bertanya tentang aksi buruh di daerah Jawa buruh tersebut dengan entengnya menjawab "Kalau pada 1 Mei buruh di seluruh Indonesia sibuk melakukan aksi, maka buruh di Ternate tenang-tenang saja. Makanya, supaya bisa kaya di Ternate, jadi buruh saja!" ledek buruh yang diwawancarai. (Rnd/Rmd)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons