-->

Kamis, 29 Maret 2012

Demo 3 aliansi gerakan, ARAK BBM, AMR, dan GERTAK

Pekanbaru.1titik.com.(29/3/2012).Di depan kantor gedung DPRD telah berlangsung aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh 3 aliansi gerakan,yaitu Aliansi Rakyat Tolak Kenaikan Bahan Bakar Minyak (ARAK BBM), Aliansi Mahasiswa Riau (AMR), dan Gerakan Rakyat Riau Tertindas (GERTAK). Massa yang berjumlah kurang lebih sekitar 650 orang terdiri dari elemen mahasiswa, buruh, dan rakyat miskin.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan sempat terjadi bentrok antara aparat kepolisian yang berjaga di gerbang kantor DPRD Provinsi Riau. Aksi berawal ketika salah satu massa aksi bermain dengan plastik dan ban bekas yang dibakar. Kemudian, plastik yang terbakar tersebut tertendang dan berada di gerbang kantor DPRD. Mobil water canon milik Sabhara kepolisian berupaya untuk mematikan,namun ada yang melempar botol aqua kedalam dan akhirnya berujung pelemparan batu dan penyemprotan air kepada pengunjuk rasa. setelah pintu gerbang jebol,aparat polisi pun keluar dan mengejar massa yang melakukan pelemparan batu.

Aksi disebabkan karena pengunjuk rasa tidak diperbolehkan masuk ke halaman gedung DPRD. Sekitar 15 menit aparat polisi dan pengunjuk rasa dapat dikendalikan. Pada saat itu, perwakilan dari anggota DPRD Provinsi Riau Rusli Ahmad (fraksi PDI-P). Akhirnya, perwakilan dari tiap-tiap elemen dipersilahkan masuk ke ruang medium gedung DPRD Provinsi Riau. Di ruang tersebut, Pengunjuk rasa menuntut kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau untuk segera membuat surat resmi dengan kop DPRD yang berisi penolakan dari DPRD disertai dengan solusi yang ditawarkan dari pengunjuk rasa. 

Sekitar pukul 16.00 WIB, rapat disertai pembuatan surat dan fax dari DPRD Provinsi Riau yang ditujukan ke DPR RI selesai. Massa aksi melakukan pembakaran bendera partai yang tidak ada perwakilannya di DPRD ketika rapat sebelum membubarkan diri.(ald/by)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons