-->

Senin, 05 Maret 2012

WALHI : Dukung Tindak Hukum Secara Tegas PT. Asia Pulp Paper


Pekanbaru. 1titik.com. Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Provinsi Riau mendukung tindak lanjut Kapolri dalam merespon data dan video penebangan kayu ramin oleh PT.Asia Pulp Paper (APP),di Kabupaten Siak, Riau. WALHI menilai bahwa penemuan ini dapat dijadikan bukti awal dalam upaya penegakkan hukum kepada perusahaan-perusahaan yang melakukan aktifitas penebangan kayu ramin secara illegal.
Seperti yang diungkapkan oleh Hariansyah Usman melalui selular kepada  1.titik.com, “Kita mendukung langkah tegas yang dilakukan Kapolri dalam menindaklanjuti hasil temuan Greenpeace, karena selama ini proses penegakan hukum masalah ini selalu masyarakat yang kena.”
Terkait hasil investigasi tertutup Greenpeace yang dilakukan selama satu tahun, WALHI menilai bahwa hasil temuan tersebut sangat valid dan dapat dipertanggungjawabkan karena hasil temuan juga diteliti oleh para ahli dibidang kayu. Sebenarnya, Walhi beserta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lain dibidang lingkungan sudah pernah menyampaikan hal demikian kepada pemerintah, namun upaya tersebut terkendala pada proses tindak lanjut. Walhi merasa pemerintah tidak pernah menindaklanjuti apa yang disampaikan.
“Kita surprise dengan hasil investigasi Greenpeace,karena hasil temuannya itu bisa dipertanggungjawabkan dan hasilnya pun juga berdasarkan dari ahli-ahli sehingga menjadi akurat. Penemuan ini senada dengan apa yang walhi sampaikan dimana praktek perusahaan besar seperti ‘A’ dan ‘B’ tidak sesuai pelaksanaannya. Namun, seruan kita selama ini tidak pernah ditindaklanjuti oleh pemerintah.” Ungkap Direktur Eksekutif Walhi Provinsi Riau.
Walhi berharap kepada pemerintah untuk tidak lagi memberikan izin aktivitas penebangan kayu ramin kepada perusahaan sejenis pulp dan paper. Penebangan kayu ramin yang berlebihan dapat memusnahkan habitat kayu ramin dan makhluk hidup yang ada disekitarnya. Selain itu, Walhi meminta pemerintah segera menindak hukum secara tegas kepada perusahaan APP. Kepada PT.APP untuk tidak lagi mengampanyekan perusahaannya ramah lingkungan, namun nyatanya tidak seperti itu.
“PT. APP jangan lagi mengampanyekan perusahaannya ramah lingkungan, padahal nyatanya tidak sepertit itu.” Tutup Hata (sapaan akrab Hariansyah Usman) kepada media 1titik.com. (ald/by)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons