-->

Kamis, 05 April 2012

Banjar Belum Ada Laporan Tomcat


Martapura. 1titik.com. (05/04/2012). Meskipun beberapa daerah lain sudah heboh adanya kontak langsung dengan serangga tomcat dan menimbulkan efek infeksi sekunder, namun di Kabupaten Banjar masih belum terdata adanya warga yang terkena kontak langsung dengan serangga tersebut.
Kepala Bidang  Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dr Eko Subianto, mengungkapkan pihaknya sampai saat ini masih belum menerima laporan adanya kontak langsung dengan serangga tersebut.
“Kita masih belum menerima adanya laporan dari kontak langsung dengan serangga tersebut, dan bila terjadi kontak langsung maka sebaiknya langsung di cuci dengan air sabut untuk mengurangi toxin yang menempel dari serangga tersebut,” jelasnya kepada wartawan siang kemarin. Selain mencucinya, lanjut Eko, kulit yang bersentuhan langsung dengan tomcat atau kumbang paederus tersebut bisa dilakukan dengan mengoleksi kuli dengan salep.
“Sedangkan jika terjadi infeksi sekunder sebaiknya harus diobati dengan antibiotik minimal lima hari. Infeksi sekunder tersebut terjadi jika kulit yang bersentuhan langsung serangga tersebut serta digaruk sampai menimbulkan nanah,” katanya.
Efek tomcat tersebut, lanjutnya terjadi bervariasi tergantung ketahanan tubuh masing-masing,  jika daya tahan tubuh kuat makan efek dari toxin tomcat tersebut tidak terlalu ekstrim  begitu juga sebaliknya.
Jika sudah terjadi infeksi sekunder sebaiknya penderita langsung di bawa rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut karena racun paiderin tersebut tidak mematikan namun membahayakan jika sudah terjadi infeksi sekunder.
Penyakit yang terjadi karena racun paederin itu merupakan penyakit yang ditularkan melalui kontak dengan kulit. Penularan dapat terjadi melalui kontak dengan barang-barang yang digunakan penderita seperti handuk dan pakaian.
Untuk meminimalkan penularan, masyarakat diimbau  agar terus menjaga kebersihan dan tidak menggunakan barang-barang yang telah terkena racun tersebut. jika kulit yang terkena tersebut sebaiknya mengelap atau mengkompres luka penderita karena akan menularkan racun paederin.(Ica-Bjb)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons