-->

Rabu, 11 April 2012

Banjarbaru Kejar Jatah Gratis Pembuatan e-KTP


     Banjarbaru, 1titik.com (11/04/2012)  Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan berupaya mengejar jatah gratis pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).
     "Kami terus berupaya mengejar jatah itu dan optimistis mampu mencapainya hingga program perekaman data berakhir 30 April 2012," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Erna Jainah di Banjarbaru, Selasa.
     Ia mengatakan, jatah gratis pembuatan KTP elektronik yang diberikan Kementerian Dalam Negeri sebanyak 122.000 KTP atau setara 90 persen dari total jumlah penduduk wajib KTP sebanyak 160.907 orang.
     "Saat ini, perekaman data sudah mencapai 81 persen sehingga tinggal 9 persen yang belum terekam tetapi kami optimistis seluruhnya terekam hingga akhir April," ungkapnya.
     Menurut dia, kendala yang dihadapi petugas perekaman E-KTP adalah kemungkinan data ganda dan penduduk yang menderita cacat fisik sehingga kesulitan hadir termasuk mengantri perekaman di kantor kecamatan.
     "Kami sudah berupaya maksimal baik memasang spanduk, pengumuman melalui mobil berjalan hingga mendatangkan alat perekam e-KTP bagi penderita cacat fisik di kantor kelurahan," ujarnya.
     Dikatakan, laporan perkembangan perekaman E-KTP di Banjarbaru periode 26 September 2011 hingga 7 Maret 2012 sudah terekam 99.366 orang sehingga tinggal 61.541 orang yang belum terekam datanya.
     Disebutkan, dari lima kecamatan yang tersebar di kota itu hanya Kecamatan Landasan Ulin yang penduduknya paling banyak belum terekam e-KTP yakni mencapai 16.717 orang.
     Empat kecamatan lain yakni Kecamatan Banjarbaru Utara sebanyak 13.159 penduduk belum terekam, Kecamatan Banjarbaru Selatan 11.699 orang, Kecamatan Cempaka 12.064 orang dan Kecamatan Liang Anggang 7.902 orang.
     "Kami terus mengimbau penduduk wajib KTP untuk melakukan perekaman data sebelum waktunya berakhir dan siap jemput bola sehingga jatah pembuatan KTP gratis bisa terpenuhi," katanya. (jun)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons