-->

Kamis, 03 Mei 2012

Mesin e-KTP Rusak,Ratusan Pemohon Terlantar

Bogor, 1titik.com, (3/5/2012) - Ratusan pemohon Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di wilayah Kecamatan Caringin Kamis (3/5) kemarin terlantar di halaman kantor kecamatan. Pasalnya, satu dari dua unit alat perekam data (enrollment) untuk menyimpan data pemohon, mengalami kerusakan sejak Rabu (2/3). Akibatnya proses pendataan mengalami hambatan selama berjam-jam lamanya. Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem) Kecamatan Caringin Rohmadin mengatakan, hal itu merupakan kejadian kali pertama sejak proses pendataan E-KTP dimulai awal April 2012 lalu. “ Kami hanya khawatir, hal ini dapat berpengaruh pada tingkat partisipatif masyarakat (pemohon). Karena secara obyektif, tingkat partisipatif masyarakat terhadap pembuatan e-KTP sejak awal cukup tinggi, “ ujarnya. 
Kekhawatiran lainnya, sambung Rohmadin, jika sarana pendukung pembuatan e-KTP tidak segera diperbaiki, akan menghambat proses waktu. “ Ya kami khawatir, jika tidak segera diperbaiki, target pendataan yang seharusnya selesai pada Oktober mendatang, tidak akan tercapai, “ ucapnya. 
Menurut dia, pihaknya telah melaporkan hal itu ke Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor tak lama setelah alat mengalami kerusakan. Namun, karena perbaikan yang memakan waktu cukup lama, ratusan warga dari sejumlah desa terpaksa menunggu berjam-jam lamanya. “ Ini akibatnya jika pemerintah atau dinas terkait kurang memperhatikan kendala teknis, akibatnya kami yang dirugikan. Sudah jauh-jauh datang, eh malah mesti nunggu lama karena alatnya rusak, “ keluh Dirman, seorang pemohon e-KTP. Camat Caringin Yudi Santosa berharap, dengan kejadian tersebut, konsorsium akan lebih respek dengan hal-hal kecil yang akan berdampak besar. 
Meski demikian, sejumlah pihak menilai, proses e-KTP di wilayah Caringin berjalan sesuai harapan. Hal itu diamini dengan antusias warga yang sangat tinggi. “ Alhamdulillah, program ini berjalan lancar berkat dukungan banyak pihak, terlebih kinerja pak camat dengan jajaran yang gencar dan begitu informatif mensosialisasikan program ini ke setiap desa, “ tandas Rohmadin.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons